Facebook Twitter
Gratis Kumpulan game flash yang asyik - asyik untuk anda
Powered by Blogger.
Sunday, January 22, 2012

0
Segitiga Antara Tuhan, Kita dan Teman-teman di Facebook


Ilustrasi
Fenomena baru yang sekarang kerap sering kita lihat. Apa itu? Berdoa lewat facebook. Ya, di jaman serba instan ini facebook digunakan sebagai sarana untuk berdoa. Lihat saja, status model ini bertebaran setiap hari di Facebook. Anda bisa menemukan status-status semodel ini : ‘Ya, Tuhan. Kuatkanlah aku untuk menghadapi cobaan ini‘ , ‘Ya Allah.. kenapa kok gini….‘. Dan berbagai model lain, 


Saya belum paham betul bahwa dia sedang berdoa atau kenapa ?, walaupun dalam hati (tentu saja) saya menganggap dia sedang pamer. Pamer bahwa dia sedang berdoa, pamer bahwa dia dekat dengan Tuhan.


Lalu kenapa saya sewot? Apa urusan saya? hihihihi, itu pertanyaan yang bagus, apa urusan sama saya?


Saya sama sekali tidak menganggap bahwa hal itu salah atau keliru. Berdoa atau menyampaikan keinginan yang baik kepada Tuhan akan selalu benar dan bermanfaat. Apapun caranya. Namun, ada hal yang perlu kita perhatikan yaitu ternyata telah terjadi pergeseran yang cukup signifikan dalam proses berdoa. Jika dulu doa dianggap sebagai hubungan pribadi antara kita dengan Tuhan, saat ini konstelasinya agak berubah. Sekarang, berdoa bisa jadi hubungan segitiga antara Tuhan, kita dan teman-teman di Facebook.


Hal yang (bagi saya) kurang masuk logika adalah, kenapa doa yang seharusnya hanya dia dan Tuhan yang tahu malah disebarluaskan di facebook? Jawaban spontan saya adalah: untuk pamer, atau, dalam hal doa agar seseorang dekat dengannya, doa dalam status tersebut tidak kepada Tuhan, melainkan agar dibaca oloh seseorang itu; semacam curahan hati (atau menembak seseorang) yang disamarkan dalam bentuk doa.

berbagai sumber
Do you Like this story..?

Get Free Email Updates Daily!

Follow us!

0 comments: — Skip to Comment.

Post a Comment — or Back to Content